Minggu, 31 Oktober 2010

MENGULAS SEPUTAR ELECTRONIC DATA INTERCHANGE (EDI) DAN INFORMATION ORGANISATION SYSTEM (IOS)


A.     Electronic Data Interchange (EDI)
Electronic Data Interchange disingkat dengan EDI, merupakan mekanisme untuk pertukaran data-data untuk keperluan bisnis secara elektronis. Adanya EDI dapat mempercepat proses bisnis, kelemahan EDI adalah implementasinya yang sangat spesifik dan tertutup sehingga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dengan adanya Internet, mulai muncul EDI (over) Internet, dan Open EDI yang diharapkan dapat menekan biaya dengan menggunakan Internet. EDI menyiratkan transaksi langsung komputer - kekomputer ke dalam database vendor dan sistem pemesanan.
Internet EDI memberi cukup dorongan. Namun, daripada menggunakan jaringan pribadi yang dimiliki dan EDI data tradisional format (X12, EDIFACT dan TRADACOMS), transaksi bisnis banyak yang diformat dalam XML dan diangkut melalui Internet menggunakan protokol HTTP Web.

          Lembaga Nasional Standar dan Teknologi dalam publikasi 1996 mendefinisikan pertukaran data elektronik sebagai “komputer-ke-komputer” pertukaran pesan ketat diformat yang mewakili dokumen lain dari instrumen moneter EDI menyiratkan. Urutan pesan antara dua pihak, baik di antaranya dapat berfungsi sebagai pencetus atau penerima data diformat mewakili dokumen dapat ditularkan dari originator kepada penerima melalui telekomunikasi atau fisik diangkut pada media penyimpanan elektronik.. “ It goes ” pada lebih lanjut mengatakan bahwa dalam EDI, pengolahan biasa pesan yang diterima adalah dengan intervensi komputer hanya Manusia dalam pengolahan pesan yang diterima. Biasanya ditujukan hanya untuk kondisi kesalahan, untuk meninjau kualitas, dan untuk situasi khusus.

          EDI dapat secara resmi didefinisikan sebagai 'transfer data terstruktur, dengan pesan standar yang telah disepakati, dari satu sistem komputer ke komputer lain tanpa campur tangan manusia'. Kebanyakan definisi lain yang digunakan adalah variasi pada tema ini. Bahkan di era teknologi seperti layanan web XML, Internet dan World Wide Web, EDI mungkin format data yang digunakan oleh sebagian besar transaksi perdagangan elektronik di dunia. EDI dianggap representasi teknis percakapan bisnis antara dua entitas, baik internal maupun eksternal. Standar EDI dirancang untuk menjadi independen dari teknologi komunikasi dan perangkat lunak. EDI dapat ditransmisikan menggunakan metode yang telah disepakati oleh pengirim dan penerima.Dokumen EDI umumnya mengandung informasi yang sama yang biasanya akan ditemukan dalam dokumen kertas yang digunakan untuk fungsi organisasi yang sama. Sebagai contoh EDI 940 kapal-dari-gudang orde yang digunakan oleh produsen untuk memberitahu gudang untuk mengirimkan produk ke pengecer. Ini biasanya memiliki kapal ke alamat, tagihan ke alamat, daftar nomor produk (biasanya kode UPC) dan kuantitas. Ini mungkin memiliki informasi lain jika para pihak setuju untuk memasukkannya. Namun, EDI tidak terbatas hanya data bisnis yang terkait dengan perdagangan tetapi meliputi semua bidang seperti kedokteran (misalnya, catatan pasien dan hasil laboratorium), transportasi (misalnya, kontainer dan informasi modal), rekayasa dan konstruksi, dll. Dalam beberapa kasus, EDI akan digunakan untuk menciptakan aliran bisnis informasi baru (yang tidak aliran kertas sebelum). Ini adalah kasus di Shipment Advanced Pemberitahuan (856) yang dirancang untuk menginformasikan kepada penerima kiriman, barang yang akan diterima dan bagaimana barang dikemas. Kelebihan dari EDI adalah sebagai berikut :
  • Penghematan Biaya : karena yang menjadi objek transaksi adalah sebuah FILE,jadi tidak akan ada biaya kertas, tidak ada biaya penyimpanan dokumen kertas dan tidak akan ada biaya pengiriman dokumen kertas.
  • Kecepatan : karena dengan EDI waktu pengiriman dokumen hanya kurang dari 1 menit.
  • Keakuratan : EDI akan mampu menghasilkan tingkat akurasi tinggi karena tidak ada entry data ulang. Selain itu sistem EDI sudah dilengkapi dengan ECC (Error Correction Control) yang akan mengidentifikasi kesalahan dengan cepat sehingga dapat segera diperbaiki.
  • Keamanan : karena adanya enkripsi dokumen membuat dokumen hampir tidak bisa dipalsukan.
  • Integrasi : Integrasi antar sistem dapat dilakukan dengan perantara EDI. Setiap unit didalam organisasi akan terintegrasi dengan adanya EDI didalamnya sehingga proses menjadi lebih efisien.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar