Jumat, 29 April 2011

Tugas Pendidikan Kewarganegaraan Part 3

  1. Aspek alamiah ketahanan nasional yang meliputi posisi dan lokasi geografis Negara , keadaan dan kekayaan alam , serta keadaan dan kemampuan penduduk merupakan aspek yang sudah melekat pada alam yang tidak dapat diubah lagi. Contohnya saja posisi dan lokasi suatu Negara, yang memang tidak bias diubah lagi dari posisi awal terbentuknya suatu Negara tersebut.
  2. Aspek sosial meliputi ideology, politik, sosial, dan budaya merupakan kondisi dinamis bangsa Indonesia yang berwujud kekuatan nasional dalam menghadapi ancaman tantangan hambatan untuk mencapai tujuan nasional. Secara etimologis, istilah ideologi berasal dari kata Yunani yaitu ‘idea’ yang berarti pemikiran, gagasan dan konsep keyakinan serta ‘logos’ yang berarti pengetahuan. Dengan demikian, konsep ideologi pada dasarnya adalah ilmu pengetahuan tentang gagasan, konsep keyakinan atau pemikiran.
  3. Menurut saya ideologi Pancasila yang ada sejak Indonesia merdeka ini, tidak begitu berperan atau di pakai dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air sekarang ini, masih banyak yang menganggap Pancasila sebagai WARISAN JAMAN DULU yang hanya harus di ingat isinya, bukan di pahami, lagipula juga masih banyak sebagian warga negara yang mengaku WNI namun tidaj hapal apa isi dari Pancasila itu sendiri, bagaimana ideologi Pancasila mau di terapkan, kalau isinya saja mereka tidak hapal !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar