Rabu, 29 September 2010

GAMBARAN UMUM DAN STRUKTUR SIM



1.     Pendahuluan
Sistem Informasi Manajemen (SIM) sudah menjadi kebutuhan dasar dari sebuah organisasi atau perusahaan-perusahaan,karena SIM adalah merupakan sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen. Dengan demikian organisasi atau perusahaan-perusahaan yang bersangkutan bisa menjalankan misinya hingga tercapai.
Inilah pendapat dari beberapa ahli tentang pengertian Sistem Informasi Manajemen :
·        SIM merupakan pengembangan dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam organisasi-organisasi. (Kroenke David,1995)
·        SIM adalah suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan serupa.Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu,apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa depan.Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik,laporan khusus dan output dari simukasi matematika.Informasi digunakan pengelola maupun staf  lainnya pada saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah. (Mc. Leod,1995)
·        SIM merupakan metode normal yang menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk memudahkan proses pengambilan keputusan dan membuat organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan,operasi secara efektif dan pengendalian. (Stoner,1996)


2.     Pembahasan
Menurut Sumber yang saya kutip di http://blog.re.or.id/struktur-sistem-informasi-manajemen.htm ,struktur SIM dibagi menjadi 2,yaitu sistem yang terstruktur (formal) dan sistem yang tidak terstruktur (non formal). Dimana Sistem formal adalah sistem berjalan dengan berlandaskan pada aturan-aturan yang sudah melekat dan berlaku pada semua orang,atau bisa dikatakan sebagai sebuah standar internasional,sedangkan Sistem non-formal adalah kebalikannya,yaitu sistemn yang berjalan dengan berlandaskan pada peraturan-peraturan yang berlaku di lingkungan organsisasi atau itu saja,atau bisa dikatakan sebagai sebuah standar yang tidak resmi.
Kemudian daripada itu,struktur sistem informasi dibagi menjadi 3,yaitu :
·        Struktur sistem informasi berdasarkan kegiatan manajemen
·        Struktur sistem informasi berdasarkan fungsi organisasi
·        Struktur sistem informasi manajemen secara konseptual dan fisik,dan juga terdiri dari :
o   Struktur Konseptual
o   Struktur Fisik

3.     Penutup
a.     Kesimpulan
Keberadaan SIM sangat dibutuhkan oleh semua perusahaan dari yang menengah sampai keatas,karena dengan adanya SIM perusahaan dapat di manage sesuai dengan yang di inginkan.

b.     Saran
Dalam mengolah SIM,dibutuhkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang sangat ahli dibidangnya,jika salah pilih SDM,bisa bisa perusahaan melenceng dari rencana yang telah ditentukan.


4.     Referensi
Ø Kadir, Abdul. 2002. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar